Thursday 11 June 2015

Cara Membuat jaringan wifi di pc tanpa Software

Cara Membuat Jaringan WIFI di PC / Laptop Tanpa Software

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana membuat jaringan WIFI atau membuat komputer kita menjadi hotspot namun tanpa software. Biasanya untuk membuat jaringan WIFI pada komputer kita, kita harus menggunakan software seperti AdHoc, Connectify, hingga MyWIFI Router. Namun kali ini saya akan membagikan tentang bagaimana cara untuk membuat WIFI namun tanpa software. Yang kita pergunakan yaitu fitur ali dari Windows yakni Virtual Access Point (VAP). Ok langsung saja silahkan simak tutorial di bawah ini.

Pastikan Anda Memiliki Alat-Alat nya sebagai berikut:
- Komputer (PC/Laptop) yang memiliki Wireless
- Koneksi Internet
- Perangkat lain yang bisa digunakan untuk membantu konek wireless (contoh: Router, Repeater, dsb)

Berikut Langkah-langkahnya:
1. Cek apakah wireless anda support untuk membuat VAP.
Langkah yang pertama silahkan cek terlebih dahulu apakah Komputer kamu suport VAP (Virtual Access Point) ataukah tidak. Untuk mengecek caranya yaitu buka CMD atau ketikan cmd di search windows anda lalu ketikkan netsh wlan show drivers lalu klik enter. jika Hosted Network Supported nya Yes, berarti laptop kamu bisa digunakan.
2. Jika belum, ketikan netsh wlan set hostednetwork mode=allow , lalu cek lagi, jika tetap tidak bisa, berarti laptop kamu memang tidak support wireless.
3. Setting SSID dan password, ketikan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaKamu key=PasswordKamu
4. Akan muncul sebuah Wireless baru dengan nama SSID yang sudah kamu atur tadi, bisa di cek langsung dengan perangkat lain. Sampai disini Wireless memang sudah jadi tetapi orang lain belum bisa Connect, saya sudah mengalaminya ketika belum share internet, maka perangkat lain tidak akan mendapatkan IP secara otomatis, tetapi setelah saya share internet ke Wireless, perangkat lain langsung mendapatkan IP address dan bisa langsung berinternetan. Untuk itu mari kita Share internet ke Wireless
5. Klik Local Area 2 (sesuaikan dengan nama koneksi internet kamu), lalu klik properties > pilih tab Sharing > Centang kedua kotak > Pilih nama koneksi wireless kamu, dan klik OK.
6. Pengaturan selesai, coba ulang Connect ke wireless dan pasti akan langsung mendapatkan IP serta langsung internetan.

Catatan:
Untuk menonatifkan wirelessnya silahkan ketik netsh wlan stop hostednetwork di cmd.

4 comments: